sat-jakarta.com – Susu telah lama dikaitkan dengan kata “sehat” dan merupakan salah satu sumber nutrisi yang disarankan untuk dikonsumsi anak. Namun, mengapa ada begitu banyak pilihan susu? Belum lama, beredar banyolan di media sosial yang bikin kita senyum-senyum sendiri. Contoh, ada gambar uang 5 rupiah yang di bawahnya tertulis “Jika pada masa kecil Anda pernah jajan pake uang ini, ber arti Anda sudah tua!” Atau ada foto anak-anak main bola dengan latar belakang langit senja, terus tulisannya, “Kangen kayak gini. Main bola sore sama tementemen masa kecil.

Baca juga : kursus IELTS terbaik di jakarta

Full timenya bukan 90 menit tapi azan magrib.” Humor-humor seperti itu enggak hanya menghibur, tapi juga mengajak kita mengenang masa kanak-kanak. Benar enggak Mam? Nah, kalau berbicara masa kecil, ingat enggak minuman apa yang paling dikaitkan dengan kata sehat? Betul banget, “susu”! Kok tiba-tiba membicarakan susu? Jadi Mam, 1 Juni merupakan Hari Susu Sedunia (World Milk Day/WDM). World Milk Day ini dicetuskan oleh FAO (Food and Agriculture Organization) sejak tahun 2000 dengan tujuan menyebarluaskan informasi mengenai manfaat susu sebagai zat gizi tambahan bagi manusia.

Susu jadi identik dengan minuman sehat, antara lain karena orangtua kita dulu mengharuskan kita untuk minum susu. Seorang ibu bernama Senja Aldilla, bercerita, ”Sejak kecil, saya diberi susu oleh ibu saya. Mulai ASI, dilanjutkan full cream, UHT, sampai susu murni. Manfaatnya, tulang dan gigi yang kuat. Maka saya akan meneruskan kebiasaan ini kepada anakanak saya.”

Hal senada juga diungkap oleh Endang Rini yang minum susu sejak kecil hingga sekarang menjadi ibu. “Mulai susu sapi, susu kedelai, susu kambing semuanya saya pernah minum. Sekarang saya minum susu untuk menguatkan tulang. Kebiasaan ini saya teruskan kepada anak-anak, mulai mereka usia 2 tahun. Semoga mereka bisa merasakan manfaatnya sampai tua seperti saya,” kata ibu dua anak berusia 5 dan 7 tahun ini.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *