Komunitas RPG Maker Untuk Sumber Belajar

Untuk mempercepat proses belajar akan sangat membantu jika kita memiliki komunitas. Memang, untuk komunitas RPG Maker yang aktif, umumnya menggunakan bahasa inggris sebagai komunikasi. RPG Maker memiliki komunitas resmi RMVXA sendiri yang menurut Ferdi merupakan komunitas yang paling solid saat ini.

Baca juga : Net89

Meski begitu, komunitas RPG Maker indonesia bukannya tidak ada. Anda bisa mencoba bergabung ke komunitas RPGMakerid dengan alamat: http://www.RPGmakerid.com/. dikarenakan berbentuk forum, website ini memudahkan kita untuk mencari hal-hal baru yang ingin kita ketahui. Salah satu tampilan dari Map Parallax Mapping yang dibuat dengan RPG Maker XV (Ace) oleh Astrid Ariany.

Harapan untuk game RPG Indonesia

Sebagai penutup, Ferdi mengatakan bahwa ia berharap sekali bisa melihat karya RPG 2d versi indonesia yang berani menonjolkan sejarah dan budaya indonesia zaman dulu (karena umumnya, RPG identik dengan zaman pertengahan dengan setting Eropa). Menurutnya, sudah waktunya budaya indonesia juga dikenal melalui media game. dia berharap, nantinya ada lebih banyak lagi developer di indonesia yang berminat membuat game RPG. hal ini juga bisa memperkenalkan bahasa indonesia di mata dunia.

Masalahnya RPG berbahasa indonesia jarang ditemui. Barangkali, karena bahasa inggris dianggap lebih keren untuk RPG (atau untuk game lain secara umum). “Tapi kalau bangsa Jepang dan Korea Selatan bisa menggunakan bahasa mereka untuk membuat RPG sendiri, yang selanjutnya akan diterjemahkan ke bahasa inggris. Kenapa kita nggak bisa?” kata Ferdi. Untuk masuk ke pasar internasional sebaiknya kita menggunakan bahasa inggris, tapi tak ada salahnya jika kita membuat game yang memiliki feature dwibahasa (indonesia dan inggris).

Kalau game yang kita ciptakan itu memang bagus, niscaya para gamer dari luar indonesia lama-kelamaan akan tertarik untuk belajar bahasa indonesia. Sama seperti kita yang tertarik belajar bahasa asing karena ketertarikan di medium tertentu seperti game ataupun movie. Menurut Ferdi, sudah waktunya industri game indonesia bangkit dan bersaing di industri game internasional.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *