Stoica.id Catering Sehat Jakarta. Sebagian masyarakat Cina masih melakukan sembahyang sebagai bentuk penghormatan kepada leluhur. Salah satu sembahyang dilakukan saat Imlek. Sejumlah hidangan, kue, dan buah disajikan saat sembahyang itu. Mari simak penuturan David Kwa, Pengamat Budaya Peranakan Tionghoa, tentang hidangan apa saja yang biasa ada di meja Sembahyang tersebut.

Menurut David, kewajiban seorang anak untuk berbakti kepada orang tua, bukan hanya saat orang tuanya hidup, tetapi juga tetap berlangsung saat orang tuanya meninggal, dan setelah meninggal. Itu sebabnya, setelah orang tua meninggal, dilakukan sembahyang yang berlangsung tiga kali dalam setahun. Salah satunya saat Tahuin Baru Imlek.

Sembahyang Imlek dilakukan menjelang satu hari atau paling lama seminggu sebelumnya. Saat itu disajikan sejumlah hidangan yaitu samseng (paduan ayam, ikan, dan babi yang direbus) dan hidangan lain yang juga terbuat dari ayam, babi , dan ikan. Ketiganya dipilih untuk mewakili kehidupan darat, udara, dan laut. Saat ini tidak semua orang yang masih menggunakan samseng.

Sembahyang ini seharusnya dilakukan malam hari, tetapi saat ini demi kepraktisan, bisa juga dilakukan pada siang hari. Karena sembahyang juga menyiratkan kebiasaan manusia makan tiga kali sehari, pagi, siang malam. Dan sembahyang Imlek merupakan makan malamnya (makan pagi, sembahyang Cheng Beng, sembahyang Chit Gwe makan siang).

Hidangan Istimewa

Saat sembahyang dipersembahkan berbagai hidangan istimewa dari ketiga bahan di atas, jumlahnya bisa 6, 9, atau 12. “Tetapi kadang ada orang yang menyuguhkan 10 macam hidangan,” jelas David. Dari sejumlah hidangan tersebut, sebagian harus berkuah, sebagian lagi kering. Contoh hidangan berkuah sup biji cuki (sup mutiara, Red), ayam masak cuka, sawi asin masak bakut, dan pindang bandeng.

Yang kering bisa berupa sate babi manis (wajib ada), mi goreng, ayam goreng, atau udang goreng. Dalam sajian tersebut juga harus ada kue-kue nyonya (jajan pasar tradisional, Red.), antara lain kue mangkok, kue ku ketan, kue pisang, kue pisang ayam, cantik manis. Satu lagi yang harus wajib terhidang saat Imlek adalah kue keranjang.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *