Craftoflove.idCatering Pernikahan Jakarta. Tentu saja melengkapi itu semua adalah buah-buahan. Buah yang harus ada adalah pisang raja. Selebihnya disuguhkan buah-buahan yang “mahal” dan istimewa karena semua itu persembahan leluhur. “Semua hidangan, jenis masakan, kue, dan buah memang dipilih yang paling baik dan paling istimewa karena mau kita persembahkan kepada leluhur kita sebagai tanda bakti,”urai David.

Baca juga : rebornmind.org

Ia memberi contoh, bisa saja orang yang tinggal di Kanada sengaja membeli buah impor dari Thailand yang harganya jauh lebih mahal, tetapi tetap dibeli demi mendapatkan yang terbaik.  Buah yang umumnya disajikan adalah apel sebagai simbol keselamatan, pir yang bermakna kelancaran, hingga jeruk mandarin sebagai lambang keberuntungan. Mereka yang memiliki meja abu, biasanya menyediakan sepasang pisang raja yang diletakkan secara berhadapan dengan jeruk bali di tengahnya. Setelah selesai sembahyang, pisang dan jeruk ini bersama kue keranjang tetap ada di meja sembahyang sampai sekitar 6 hari berikutnya.

Baca juga : revogayahidup.com

Bersama semua hidangan tadi, tentu saja ada sajian nasi. Nasi ini diletakkan di piring dan di mangkuk. Nasi yang di dalam mangkuk dilengkapi sumpit, ditujukan untuk leluhur yang berjenis kelamin pria. Sementara untuk yang wanita, nasi disajikan dalam piring bersama sendok bebek. Nasi di meja sembahyang diletakkan di belakang setelah tempat dupa/hio. Di bagian depan biasanya hidangan samseng. Arak dan teh ikut melengkapi sajian. Minuman tadi ditemani te liau yang terdiri dari sepinggan tankue, gula batu, dan angco atau buah lengkeng kering yang disajikan bersama-sama.

Sembahyang Terkait Imlek Lainnya

 Setelah sembahyang Imlek, masih ada sembahyang lain yang berkaitan dengan perayaan besar ini. Yaitu sembahyang di makam para leluhur. Ini dilakukan pada tanggal 6 tahun Cina atau 6 hari setelah perayaan Imlek. Di makam biasanya dibawa berbagai macam buah dan kue. Kuenya berupa jajan pasar tradisional. Beberapa orang membawa ketupat dan sayur sambel godog. “Tetapi umumnya buah dan kue sudah cukup,” ungkap David. Masih ada lagi sembahyang yang dilakukan yaitu sembahyang Keng Thikong.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *