Categories
Parenting

Pengalaman Hamil di Negeri Orang

>> DUKUNGAN PENYEMANGAT

Di Belgia, mamil baru boleh datang ke rumah sakit untuk bersalin kalau kontraksinya sudah lima menit sekali. “Empat jam di ruang bersalin, akhirnya masuk pada bukaan 10. Staf yang bertugas adalah dokter jaga, dokter kandungan saya, calon dokter, dokter anak, dan dua orang suster. Alhamdulillah tanpa obat, tanpa epidural walaupun gratis saya melahirkan dengan lancar. Salah satu penyemangat saya adalah cermin yang dipasang sedemikian rupa sehingga saya bisa melihat kepala anak saya keluar dari badan saya.

Wah.. di antara rasa sakit saya melihat proses keluarnya anak saya. Subhanallah…” Franka yang sejak awal diprediksi melahirkan sesar merasakan operasinya sangat cepat dan hampir tidak terasa. “Satu detik saya dianestesi dan dalam 10 menit bayi dikeluarkan, lalu perut saya sudah terjahit sangat rapi. Sejak itu, ia hanya terpisah dari saya ketika akan disunat dan dicek kesehatannya. Setiap dua jam sekali datang suster mengingatkan saya untuk menyusui anak saya.

Selebihnya semuanya dilakukan sendiri. Mengganti popok untuk pertama kalinya, menyusui, mengganti baju anak, membelai-belai, menggendong, semua dilakukan sendiri tanpa campur tangan pihak rumah sakit. Pihak rumah sakit hanya membantu bila kita ada pertanyaan atau hal-hal teknis yang belum diketahui. Jadi meski sesar, kita harus memegang bayi sendiri.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *